Recents in Beach

Cara Optimasi SEO Menggunakan Platform WordPress

Jika kamu ingin membangun sebuah website yang SEO Friendly, memilih WordPress sebagai platform website sudahlah tepat. Walau begitu, ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan dalam mengoptimasi SEO  berbasis Wordpress.

Template & Server adalah Koentji

Sebelum berbicara lebih jauh, ada dua faktor terpenting menurut saya yang menjadi kunci awal keberhasilan optimasi SEO kamu. Pertama adalah kecepatan server dan yang kedua adalah pilihan template.

Google menyukai tampilan yang apik dengan loading cepat

Sehebat apapun optimasi yang dilakukan, jika template dan server yang kamu gunakan tidak mumpuni, tetap saja optimasi SEO tidak akan efektif. Oleh karenanya, ada baiknya kamu cek dulu kedua faktor di atas menggunakan tools gratisan di bawah ini. Baru setelah itu kamu bisa melanjutkan ke tahap yang akan kami berikan selanjutnya.
Dengan kedua tools diatas, kamu akan tahu seberapa cepat response server serta kecepatan loading dari themes yang kamu gunakan. Paling tidak, sebuah website yang ramah untuk tampil di Google memiliki rating insight 60 ke atas serta lama loading dibawah 5 detik.

Untuk yang belum mendapatkan hasil memuaskan, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk berlangganan server yang lebih mumpuni seperti Google Cloud atau mencari template wordpress lain yang lebih SEO friendly seperti tema Generate Press yang banyak digunakan praktisi SEO di Indonesia.

Jika kedua hal tersebut sudah kamu lewati, setidaknya, kamu bisa bernapas lega karena web Anda sudah masuk kualifikasi dasar dalam persaingan SEO. Berikut beberapa tahap lanjutan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO dan SERP web berbasis WordPress kamu.

Plugin Wajib untuk SEO Wordpress

Yoast SEO merupakan plugin wajib bagi setiap webmaster dan praktisi SEO. Dengan plugin ini, kamu bisa mengatur meta robot pada setiap artikel, membuat peta situs otomatis, serta integrasi dengan Google Search Console. Pokoknya, hampir semua fitur SEO basic pada WordPress sudah terangkum semua dalam plugin ini.
Lebih lanjut mengenai hal ini, dapat Anda simak di artikel 14 plugin wajib Wordpress 2018 dari Hostinger untuk memperoleh informasi lengkap mengenai plugin-plugin apa saja yang wajib website wordpress kamu miliki.

Optimasi Kata Kunci

Sebelumnya, perlu diingat bahwa penggunaan kata kunci yang berlebihan tidak akan bermanfaat untuk website Anda. Walau tetap saja, penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan akan sangat membantu rating laman web kamu di mesin pencari.

alt image seo wordpress
Maksimalkan alt tag pada gambar untuk seo


Berikut beberapa kolom yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan kata kunci dalam tulisan dan isi website Anda.
  • Judul artikel (judul halaman)
  • Subheading - subjudul artikel (H2)
  • Meta title dan meta description pada plugin Yoast SEO
  • Alamat website (URL)
  • Nama file gambar serta alt text
Nah, itu dia beberapa kolom dimana Anda dapat menaruh kata kunci secara natural, ingat! keyword stuffing yang berlebihan dan tidak relevan justru akan berdampak negatif pada website Anda.

Cukup Sebagai Penutup: Kualitas dan Kuantitas Tulisan

Tidak perlu berpanjang lebar, pada akhirnya kualitas tulisan serta kaya nya informasi yang dimiiki web Anda akan jadi penentu segalanya. Jadi, buatlah pengunjung web Anda puas dengan informasi yang Anda sajikan, dan buat mereka berlama-lama dengan konten-konten lainnya yang relevan.
Setelah semua hal diatas Anda lakukan, datangnya pengunjung dari mesin pencari Google hanya tinggal menunggu waktu saja. Percayalah!

Jika kamu masih merasa kesulitan, mungkin itu tandanya kamu perlu merekrut jasa optimasi SEO untuk membantu melejitkan penampilan bisnis kamu di mesin pencari.

Post a Comment

0 Comments